Rabu, 02 Maret 2016

Membahas Sedikit Informasi Teknologi Cloud Computing Terkini

Cloud Computing - Sebuah tekonolgi yang kini mulai banyak di lirik oleh pengembang software , memanfaatkan teknologi cloud computing untuk pengembangan aplikasi yang dulunya banyak berbasis desktop.

Teknologi memang selalu berkembang dan terus berkembang , untuk itu kita sebagai pelaku information technologi ( IT ) harus selalu mengikuti perkembangan yang terjadi. Agar kita selalu up to date terhadap perkembangan yang terjadi.

Pemanfaatan cloud computing kini di lirik oleh pengembang software penjualan. Maka mulailah bermunculan software penjualan web based. Program yang seperti ini full memanfaatkan perkembangan teknologi. Semakin kedepan bisa saja terdapat teknologi baru yang lebih modern di bandingkan cloud computing, namun perkiraan saya teknologi komputing ini akan bertahan 10 tahun hingga 20 tahun kedepan sampai di temukan teknologi yang melebihi cloud computing. Namun demikian membangun dan merancang cloud computing software tidaklah mudah, butuh keahlian untuk membuat sebuah aplikasi penjualan yang menggunakan teknologi cloud computing. Rancangan software penjualan harus di siapkan oleh pengembang aplikasi secara detail  untuk memudahkan pembuatannya.

Software penjualan web based yang menggunakan teknologi ini di perkirakan akan lebih membuat efisien dan efektif dalam penggunaan nya sehari-hari. Maka sepertinya pelaku usaha mulai melirik software yang menggunakan dan menerapkan fungsi cloud computing.

Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini:
  1. Software as a Service (SaaS)
  2. Platform as a Service (PaaS)
  3. Infrastructure as a Service (IaaS)
Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb)

Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Kita bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan kita sewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa kita bisa menggunakan-nya terserah dari kebutuhan kita.

Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat. Kita tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang kita buat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar